--> Skip to main content

Merubah TV Biasa Ke Smart TV

Cara sederhana membuat TV dirumah menjadi Smart TV


Perkembangan teknologi yang semakin maju hampir disemua bidang, tak terkecuali perkembangan teknologi TV, masa TV kini sudah pada era Smart TV, kali ini saya mencoba mengulas tentang Smart TV, yah teknologi TV yang bisa berfungsi lebih, dalam artian tidak cuma sekedar menerima siaran TV tetapi bisa dimanfaatkan layaknya komputer yang memiliki otak (Processor)bisa terkoneksi dengan berbagai perangkat, bisa untuk membantu pekerjaan atau masalah2 kita dan untuk hiburan.

Singkat cerita saya ingin menceritakan pengalaman, bagaimana menjadikan TV di rumah menjadi Smart TV tanpa harus membeli baru dengan penambahan alat.


Yang terpampang didinding rumah masih TV LED pada umumnya jadi belum bisa yang namanya TV untuk YouTube an๐Ÿ˜, jadi pengin ngakalin.

Langsung browsing deh di Google cari petunjuk, setelah dapat kata kuncinya lanjut ke market place BL dan yah itu menemukan produk Kata Box Smart TV untuk menambah fungsi TV dirumah.

Walaupun spek sederhana, tapi sudah lumayan untuk ber experimen yang pengin ngrasain smart TV, Spek Kata Box Smart TV masih menggunakan OS Android KitKat  diperkuat Amlogic S 805, 1.5 GHz Quad-core, Processor grafis mali 450 dengan menggunakan Ram 1Gb, internal memory 8GB, WiFi, Kabel Lan, USB, HDMI dan kabel RCA.

Didalam kemasan ada kelengkapan berupa adaptor, Remote controller dan tambahan Game controller semacam joystick bisa berfungsi sebagai remote juga (jika remote utama bermasalah).
Harga di Bukalapak kisaran 300 ribuan sudah lengkap dengan Joysticks nya.
Langsung saja setelah paket Kata Box mendarat dirumah, siapkan kabel HDMI (hdmi to hdmi) untuk menyambungkan antara TV LED dan kata box, menggunakan Kabel RCA juga bisa tapi lebih praktis menggunakan kabel hdmi jika TV di rumah sudah support.

Langkah-langkah menghubungkan Kata Box Smart TV ke TV :
1. Sambungkan kata box ke tv dengan menggunakan Kabel HDMI.
2. Sambungkan adaptor kata box ke sumber listrik dan setting TV ke HDMI
3. nyalakan Kata Box, bila telah terhubung dengan benar nanti akan muncul tampilan dari Kata berikut menu-menunya yang bisa di pilih dan TV pun sudah menjadi Smart TV dengan rasa Android. 

Tampilan di tv khas menu dari Kata dan yang tak asing disitu adalah menu Playstore, YouTube pokoknya TV rasa hp smartphone Android jadinya, disitu juga sudah ada game2 yg terinstall dan bisa dimainkan secara offline dari mulai Game Bola, pesawat dll yang merupakan game android yg bisa ditambah dengan mendownload di playstore.
tampilan game android di tv

Untuk memaksimalkan Kata Box wajib kita terkoneksi dengan internet, karena dirumah tidak ada Hotspot maka saya menggunakan dengan portable Hotspot dari hp Android, setelah terkoneksi kita coba buka Youtube atau pun Playstore dan kita akan di perintahkan untuk login dengan akun Gmail seperti setting hp pertama kali.
Setelah tersinkron dengan akun Gmail, maka kita bisa memainkan YouTube, Game online, baca berita dll yang berbau online dilayar TV kita seperti biasa kita melihat dilayar HP kita.

Mudah-mudahan ulasan pengalaman penulis diatas ada manfaatnya, terimakasih telah berkunjung ke blog sederhana ini, bila ada yang kurang silahkan ber komen ria di kolom komentar di bawah.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar