--> Skip to main content

Cara mengganti Baterai Xiaomi redmi note 5A dengan mudah

Cara Melepas dan mengganti Baterai Xiaomi redmi note 5A

Xiaomi produsen ponsel dan gadget asal negara tirai bambu semakin menunjukkan taringnya, mengutip dari detikinet merk Xiaomi masuk daftar 5 merk penguasa pasar smartphone diindonesia dan menempati posisi kedua setelah Samsung pada laporan kuartal ketiga tahun 2018.

Berdasarkan riset IDC pada kuartal ketiga 2018, data 5 Merk smartphone penguasa pasar diindonesia :
1. Samsung : 28%
2. Xiaomi : 24 %
3. Oppo : 19 %
4. Vivo : 11 %
5. Advan : 5%
6. lain-lain : 13 %

Dari data diatas Xiaomi berhasil merebut pasar Indonesia hanya Samsung yang masih sulit di lewati. 

Bisa dikatakan Xiaomi memiliki sebutan yang banyak teman2 bilang HP spek dewa harga terjangkau.

Saya pribadi adalah pengguna hp Xiaomi Redmi note 5A dan beberapa yang lalu saya punya pengalaman dalam mengganti Baterai karena hp sudah cepet sekali lowbat

Dari situ saya membeli baterai di market place dengan harga yang cukup terjangkau, berikut ulasan pengalaman saya dalam mengganti Baterai:

Spek hp Xiaomi Redmi note 5A tertampil dilayar hp sesuai gambar dibawah 

Untuk membuka dan melepas baterai Xiaomi redmi note 5A cukup mudah, ikuti langkah langkah yang sudah saya coba dan berhasil :
Persiapan awal 
1. Siapkan baterai pengganti (sangat gampang untuk mendapatkan nya, cek harga di market place tinggal pilih di Bukalapak, Tokopedia, Shoope, Lazada, Elevania dan yang lainnya. Pilih yang paling terjangkau dan yang memiliki rating bagus serta testimoni di kolom komentar yang menjelaskan tentang baterai tersebut bagus dan memuaskan setelah di gunakan).

Spek baterai Xiaomi Redmi note 5A :
Jenis: Lithium-ion Polymer Battery
Model: BN31
Kapasitas: 3000/3080 mAh (min/typ)
Voltage: 3.85 - 4.40V

2. Siapkan bahan berupa bungkus kartu perdana apa saja yang terbuat dari plastik sedikit tebal dan elastis, atau bekas temper glass LCD hp.

3. Simcard Ejector (biasa sudah tersedia dipaket pembelian hp) untuk mengeluarkan Simcard

4. obeng plus ukuran antara 1.2~2.0mm (untuk membuka plat besi yang menutupi konektor baterai)

5. Pinset

6. opening pick / segitiga tipis atau pick gitar (yang biasa untuk memainkan senar gitar)

Langkah-langkah melepas baterai dan mengganti Baterai :
1. Lepas dan keluarkan Simcard dengan simcard ejector.

2. Casing belakang tidak menggunakan skrup untuk menutup ya cukup di congkel pelan2 dengan menggunakan pick gitar atau dengan kuku jari, sisir perlahan lahan ke sekeliling sudut bagian sampai backcover terbuka, Setelah backcover terlepas, anda akan melihat posisi baterai dengan konektor baterai yang tidak terlihat karena tertutup plat yang melindungi.

3. Buka plat yang menutupi konektor baterai dengan obeng plus dan buka 3 skrup yang mengunci plat.


4. Setelah plat konektor terbuka, lepas konektor baterai dengan pinset atau tangan secara perlahan lahan.

5. Konektor terlepas lanjut mengangkat atau melepas baterai, Beterai melekat dengan lem khusus dan dibawah ujung baterai ada yg namanya Pull tab, Pull tab ini ditarik secara perlahan lahan lurus dan jangan sampe putus (kebanyakan sering gagal), bila putus lanjut buka dengan menggunakan bekas temper glass untuk mencongkel baterai dengan sedikit di olesi minyak kayu putih untuk melepas rekatan lem baterai.
hati hati saat mendorong bekas temper glass karena dibawah baterai ada konektor lain, perlahan lahan sampai baterai bisa terangkat. 

6. Setelah baterai terlepas, pasang double tip di dua sisi bagian bawah baterai untuk perekat agar baterai kokoh diposisinya. lalu pasang konektor baterai, test dulu apakah bekerja baterai dinyalakan dan test charge bila ok semua pasang plat pelindung konektor baterai. Selesai dan hp bisa digunakan dengan daya tahan baterai yang baru, lebih tahan lama. 

Demikian pengalaman saya dalam mengganti Baterai, di situs2 lain banyak tutorial dan saya rasa kurang lebih sama tekniknya, mudah mudahan bermanfaat dan bisa menjadi referensi bila anda ada keperluan untuk mengganti Baterai hp Xiaomi redmi note 5A.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar