--> Skip to main content

Timnas U22 Juara Piala AFF di Kamboja

Indonesia menjadi juara Piala AFF U22


Sangat senang dan bangga atas keberhasilan yang diraih oleh para anak muda pemain timnas di kelompok umur 22 Tahun, mereka berhasil memenangkan laga final yang mempertemukan lawan bebuyutannya yaitu Thailand.

Perjuangan yang tanpa lelah dari mulai fase group B yang berisi Kamboja, Malaysia, Myanmar ternyata dibayar dengan juara AFF U 22 untuk pertama kalinya, walaupun start awal kita kurang meyakinkan dengan hanya mendapatkan hasil seri di dua pertandingan awal melawan Malaysia (2:2) dan Myanmar (1:1), di laga terakhir penyisihan group melawan Kamboja dan penentu untuk melaju ke final bisa dilewati dengan kemenangan 0 : 2 atas tuan rumah Kamboja.

Dan akhirnya indonesia lolos ke semifinal dengan status sebagai Runner Up Group B, Kamboja menjadi Juara Group B walaupun dipertandingan akhir kalah dari Indonesia, Beda 1 poin dari Indonesia, Kamboja mengantongi 6 poin dari 3 kali pertandingan : 2 kali kemenangan didapat saat melawan Malaysia (1:0) dan menang atas Myanmar dengan skor (2:0) sedangkan Indonesia mengantongi 5 poin hasil dari 2 kali seri dan 1 kali kemenangan. 

Di Semifinal Timnas Indonesia U-22 bersua dengan Vietnam yang tak kalah sengitnya, secara ranking FIFA, Vietnam Merupakan yang terbaik di kawasan Asia Tenggara. 

Vietnam sering mendapat kegagalan apabila bertemu dengan Timnas Indonesia dan kenyataan itu terus berlanjut saat bertemu di Semifinal AFF U 22, mereka harus mengakui keunggulan Timnas Indonesia dan menghentikan langkah mereka ke fase selanjutnya dengan kekalahan 1 : 0 dari Indonesia. 

Di laga final yang di helat di  Olympic Stadium, Phnom Penh Kamboja bersua dengan Juara bertahan Thailand dan ini bukan kali pertama berjumpa dan bertemu di final antara Indonesia vs Thailand, dan sering Indonesia kalah difinal tapi kali ini indonesia bisa mengalahkan Thailand dengan skor tipis 2 : 1.

Seorang petinggi negara dan orang nomer 2 di Indonesia yaitu Wakil Presiden Bapak Yusuf Kalla sempat ditanya prediksi skor, dan Pak Yusuf Kalla pun berkomentar 2:1 untuk kemenangan Timnas Indonesia, dan nyatanya itu benar terjadi. 

Sekilas jalannya laga Final, Pertandingan berjalan dengan tensi tinggi dan saling jual beli serangan, babak pertama tanpa goal. 
Dibabak kedua Indonesia harus ketinggalan goal yang dicetak oleh kapten kesebelasan Timans Thailand dimenit 57" dan tanpa membutuhkan waktu lama 2 menit berselang Indonesia menyamakan kedudukan melalui tendangan dari Sani Rizki pada menit 59" disusul goal dari Osvaldo haay dimenit 64" dan mengunci kemenangan untuk Timans walaupun diakhir laga ada insiden kartu merah untuk pemain indonesia, Bagas Adi kapten Timans yang mendapat ganjaran kartu merah setelah melanggar pemain lawan yang menjadikan Timans bermain dengan 10 orang. 

Sungguh sangat membanggakan kita semua pecinta sepak bola Tanah air terutama para pendukung Timnas, karena pelan pelan kita sudah menuju ke yang lebih baik diawali dari level Junior, Juara Piala AFF U-19 tahun 2013 dan Juara Piala AFF U-16 tahun 2018 dan Juara piala AFF U - 22 tahun 2019.

Mudah mudahan trend positif ini berlanjut ke Timnas Senior, Aamiin..kita sebagai pendukung Timnas dan kecintaannya terhadap tanah air hanya bisa berdoa yang terbaik untuk Timnas dan kemajuan sepak bola indonesia. 

Salut untuk bapak pelatih Timnas Indonesia U-22, Bapak Indra Syafri dan para pemain timnas U-22 yang telah memberikan kebanggaan dengan gelar juara. 


Jaya Indonesia ku
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar