--> Skip to main content

Cara mudah Cek Saldo E-money dengan hp

Cek saldo E-toll dengan Handphone

Transaksi di pintu tol atau di merchant retail kadang membutuhkan waktu saat ada uang kembalian sehingga memperlambat proses transaksi yang sedang berjalan apalagi di jam sibuk atau hari hari besar seperti lebaran, natal, libur anak sekolah di pintu-pintu tol macet karena proses transaksi yang membutuhkan waktu lain halnya kalo sudah menggunakan Etoll (kartu uang elektronik yang dikemas dalam chip).

Saya sendiri pengguna kartu E-money mandiri dan sudah dipergunakan untuk belanja diindomart, pembayaran toll, dan parkir dibandara. 


Sangat praktis dan efisien untuk mempercepat transaksi tapi perlu diingat kita harus selalu cek saldo dan top up bila kita sering menggunakannya. 


Nah disini masalahnya, karena untuk top up kartu e-money di Indomaret sekalian cek saldo atau waktu pemakaian ditoll atau belanja dan bila lama tidak dipakai kita kadang lupa isi saldonya dan harus Cek nya ke Indomaret. Jadi harus repot mencari Indomaret, disini saya mau bercerita cek saldo kartu Mandiri E-money dengan menggunakan hp yang kita punya. 


Cukup dengan handphone yang memiliki fitur NFC kita bisa mengecek saldo etoll kita, jadi tidak perlu repot cek di Indomaret.

Caranya sangat mudah, tahapan nya seperti berikut ini : 
✔️ Download aplikasi Mandiri E-money info

Deskripsi Aplikasi :

Mandiri E-money info
Sebuah aplikasi sederhana untuk memeriksa saldo Anda contactless mandiri e-money card (kartu e-money, kartu e-toll, Indomaret Card, GazCard) setiap saat dan di mana pun Anda pergi.
Anda akan selalu mendapat informasi tepatnya sekitar saldo kartu Anda saat Anda mengemudi di gerbang tol. Setelah menginstal aplikasi, nyalain fungsi NFC dan hanya tekan kartu ke bagian belakang ponsel NFC Anda dan balance/saldo terakhir Anda akan ditampilkan langsung.
Hal ini juga memberikan Anda semua lokasi (cabang mandiri, ATM, pengecer kecil) untuk top up kartu e-money mandiri Anda. Aplikasi ini hanya tersedia untuk ponsel Android NFC dan hanya dukungan untuk mandiri kartu e-money dengan "app03" atau lebih tinggi (seperti yang tercetak di bagian belakang sebelah kanan kartu). Anda dapat mengganti kartu yang ada ke "app03" versi kartu ke bank terdekat cabang mandiri.

✔️ Aktifkan fitur NFC (Near-Field Communication) 

Fitur NFC adalah salah satu kemajuan teknologi dan Fitur terkini yang dimiliki oleh sebuah smartphone.

Disini saya menggunakan handphone merk blackberry Q5 Karena sudah mendukung NFC, karena bb Q5 sudah menggunakan BB OS 10 maka sudah support dengan file apk (android) dan bisa install aplikasi android mandiri e-money info. 

Fitur NFC aktif
Bila anda tidak memiliki hp yang berfitur NFC, ini bisa buat Referensi saat mau berganti handphone bisa mencari yang memiliki fitur NFC karena fitur ini termasuk teknologi terkini dan tidak menutup kemungkinan nantinya diindonesia dimanfaatkan sebagai alat pembayaran dengan menggunakan fitur NFC.

Dan untuk handphone-handphone yang memiliki fitur NFC sudah banyak di pasaran dari yang murah (BB Q5) sampai yg mahal, anda bisa browsing sendiri. 


✔️ Siapkan kartu e-money mandiri 

Bila anda belum memiliki kartu e-money ini, anda bisa membelinya di Indomaret atau alfamart terdekat, bila dilihat gambar kartu diatas banyak sekali untuk penggunaannya dari mulai tiket commuterline, Transjakarta, Transjogja, Batik Solo Trans, SPBU Pertamina berlogo e-money, belanja di toko retail hingga wahana hiburan dan restoran yang berlogo e-money.

✔️ Buka aplikasi Mandiri E-money info lalu tempel kan kartu e-money mandirinya tepat dibelakang hp seperti gambar dibawah. 

bila sudah pas tap nya maka layar hp akan menampilkan sisa saldo Mandiri E-money dan suara pemberitahuan sisa saldo terdengar.

Silahkan mencobanya bila anda memiliki hp fitur NFC, manfaatkan teknologi yang ada dan sangat mudah caranya.

Terimakasih telah berkunjung dan mudah mudahan coretan diatas ada manfaatnya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar